Sabtu, 01 November 2008

Perkembangan Pembelajaran Lewat Internet

Dengan semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI) maka ada beberapa konsekuensi bagi kita para guru untuk agar juga selalu mengikuti perkembangan tersebut. Selain kita menjadi tahu dengan teknologi kita juga jadi tidak “gaptek”. Apalagi akses internet sekarang ini relatif cepat dan stabil tidak seperti jaman dulu. Untuk akses internet yang saya gunakan adalah jasa dari Telkom Speedy yang cukup murah, sangat murah lagi untuk saya. bahkan gratis. Gimana nggak gratis,….. saya kan setiap hari akses di Madrasah he he. Lumayan cepat, bahkan sangat cepat (dari pengalaman saya). Waktu saya test ke http://www.sijiwae.net/speddtest atau http://www.telkomsemarang.com, kecepatan bandwithnya ok. Rata-rata ada di kisaran 700 - 900 kbps. Memang saya juga menggunakan telepon rumah untuk akses, pake telkomnet instan. Nggak cepat sih, cuma 50 - 60 kbps tetapi lumayan juga. Dulu rencananya mau pasang speedy, tapi setelah tak pikir-pikir ngapain masang wong di Madrsah saja bisa menggunakan sesuka hati. He he he lagi. Sebenarnya pada dasarnya bukan pada masalah gratis tidaknya, tetapi pada kemauan dan kemampuan kita dalam menggunakannya. Banyak lho orang yang tidak mau menggunakan fasilitas yang sudah disediakan dengan susah payah oleh suatu pihak.

Beralih ke awal masalah yang saya sampaikan, kita sebagai guru dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Nah, bagi guru-guru geografi di mana saja ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari internet. Mulai dari materi-materi pelajaran, soal-soal latihan, soal-soal ulangan, perangkat mengajar untuk guru sampai informasi-informasi kebumian yang besifat up to date. Ada banyak situs yang dapat menjadi acuan kita dalam kegiatan pembelajaran, tidak melulu terkekang oleh buku paket.

Misal :

http://www.e-dukasi.net

http://www.jardiknas.org

Dan masih banyak lagi situs pendidikan yang lain yang bisa kita ambil manfaat positifnya. Jadi nggak ada salahnya kita menggunakan internet, justru kita dapat mengembangkan diri dan profesionalisme kita menjadi lebih meningkat dan bermigrasi ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar: